Dampak Internet Bagi Perkembangan Anak Dan Industri Musik

Dampak InternetSetiap orang pastinya senang mendengarkan musik, entah itu modern atau tradisional, tergantung pada selera masing masing. Ada yang suka pop, rock, classik, jazz, campur sari, ataupun yang lainnya. Nyaris tidak ada orang yang 100 % membenci musik, kalaupun ada yang tidak suka, itupun mungkin sangat sedikit sekali.

Di era internet seperti sekarang ini, ada sisi baik dan tidak baiknya bagi industri music. Kita melihat dulu, dari sisi tidak baiknya dulu, Karena dengan adanya internet, tingkat pembajakan lagu meningkat pesat, hanya dengan bermodalkan internet, anda bisa dengan mudah mendapatkan lagu yang anda inginkan, hampir lagu apapun itu, anda coba mencari dan anda dapat dengan mudah mengunduhnya dari internet. Mudah bukan? mungkin inilah sisi negatif seiring pesatnya arus informasi lewat internet. Ini juga mungkin yang menyebabkan berkurangnya income bagi pekerja industri music. Sehingga menyebabkab pekerja seni kabakaran jenggot. Sehingga mereka mengkampanyekan diberlakukannya Undang undang Hak cipta, untuk melindungi karya karya mereka. Yang mestinya anda wajib membeli atas hasil karya mereka, atas karya seni orang lain, tetapi siapapun dapat dengan mudah memperolehnya melalui internet.

Sekarang kita coba melihat dari sisi baiknya atas maraknya internet. Arus Informasi terbuka selebar lebarnya, seluas luasnya. Informasi apa yang ingin anda cari, anda cukup mengetik keyword pada search engine, dan anda akan mendapatkan setumpuk informasi, dari berbagai sumber, berbagai bahasa, yang sangat memudahan kita, untuk menambah perbendaharaan pengetahuan kita. Tetapi yang sangat harus kita sadari adalah, kita harus jeli dalam memilih dan memilah, informasi mana yang valid dan tidak valid, jangan sampai kita terjebak, untuk percaya pada informasi yang belum tentu kebenarannya.

Di era internet, kita harus berhati hati juga, karena dengan keterbukaan informasi, nyaris tanpa pelindung dan penyaring, kadang kita masih mendapati, informasi yang tidak layak untuk konsumsi anak, marak situs situs porno, yang bertebaran di dunia maya, kita harus benar benar selektif dalam memilih. Jangan sampai anak anak kita menjadi korban. Sungguh sangat di sayangkan apabila anak mengkonsumsi informasi yang sebenernya belum saatnya mereka lihat atau mereka baca. Maka dari itu hendaknya kita waspada dalam member kesempatan anak untuk bermain internet, pastikan selalu dalam pengawasan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*